Senin, 09 Juni 2014

Aesthetic and Minimalist Design – tokopastri.com



Sebelumnya mari kita membahas secara singkat apa yang dimaksud dengan aesthetic and minimalist design. Menurut Nielsen (1995), sebuah desain web yang minimalis dapat menarik minat pengguna. Desain tidak boleh mengandung banyak informasi yang tidak dibutuhkan oleh pengguna. Situs web harus menampilkan informasi yang penting dan relevan saja agar pesan tujuan utama dari situs dapat ditangkap oleh pengguna.


Aesthetic and minimalist design Dialogues should not contain information which is irrelevant or rarely needed. Every extra unit of information in a dialogue competes with the relevant units of information and diminishes their relative visibility (Nielsen, 1995).


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pakem aesthetic and minimalist desaign situs web tokopastri.com. Pada bagian top menu situs web tokopastri.com ini, tidak mengkategorikan hal-hal apa saja yang dijual di situs ini. Hal ini menyebabkan pilihan menu pada bagian top menu menjadi sangat banyak dan membutuhkan space yang cukup besar. Semua tampilan situs ini juga sangat ramai yang menyebabkan mata pengguna akan cepat lelah apabila menjelajah situs ini terlalu lama. Semua halaman pada situs ini sangat meminimalkan white space sehingga tampilan terlihat penuh dan membuat pengguna pusing. Pada tampilan halaman utama, semua produk yang dijual pada situs ini ditampilkan sehingga tampilan pada halaman utama menjadi sangat panjang. Buat apa membuat tampilan halaman utama yang sangat panjang?? Toh, ketika pengguna ketika merasa sudah men-scroll ke bawah beberapa kali tetapi tampilan tidak kunjung habis, maka pengunjung akan malas untuk melanjutkan dan lebih memilih untuk memasuki menu lain yang ada di situs. Hal ini menyebabkan tampilan halaman utama menjadi mubazir. Padahal apabila pengguna terus melanjutkan men-scroll ke bawah, di bagian halaman paling bawah terdapat kumpulan resep masakan yang cukup menarik. Bagian ini menjadi kehilangan fungsinya untuk menarik minat pengguna web. Pada bagian headernya juga sudah terlalu ramai ditambah terdapat tampilan informasi garansi yang sangat mencolok dan ramai.

Gambar 1. Tampilan halaman utama


Alangkah lebih baik apabila pemilik web mengatur ulang bagian top menu yang ada di tokopastri.com. Kategorikanlah barang-barang yang ada di situs ini menjadi beberapa kategori, misalkan home, makanan, peralatan, resep masakan, informasi & cara pemesanan, program reseller, testimoni, tentang kami. Menu makanan ini dapat terbagi lagi menjadi menu kue, candy, cemilan, sambal, masakan, dan paket hemat. Menu kue terbagi lagi menjadi cookies, brownies, kue ultah, dan bahan kue. Menu informasi & cara pemesanan dapat terbagi menjadi diskon, keranjang belanja, cara memesan, konfirmasi, dan bukti pengiriman. Bagian menu blog sebaiknya diubah namanya menjadi resep masakan. Kata “blog” ini tidak menarik minat pengguna web untuk membukanya, namun ketika saya mencoba membuka ternyata pada halaman ini isinya sangat menarik karena berisi tentang banyak resep masakan yang menggugah selera. Sedangkan bagian menu print katalog sebaiknya dihilangkan saja karena di tiap halaman pada situs ini sudah terdapat tombol untuk mengeprint katalog. Akan tetapi, sebaiknya tombol ini diletakkan di bagian kanan atas (di bawah text box keranjang belanja) untuk menambah nilai fungsi tombol print katalog ini.
 
Gambar 2. Penempatan tombol print catalog

Pemilik web juga harus memperhatikan penggunaan white space pada situs webnya. White space pada situs ini harus dibuat lebih renggang agar tampilan tidak terlalu penuh. Field-field pada bagian kiri halaman utama (ex. hubungi kami, pembayaran melalui bank, jasa pengiriman, dll) alangkah lebih baik tidak ditampilkan pada semua halaman di situs ini. Bagian ini membuat halaman menjadi terlihat penuh. Bagian ini cukup ditampilkan di halaman utama saja karena ketika pengguna sudah memasuki halaman menu yang lain, maka informasi pada bagian kiri ini sudah tidak menarik minat pengguna. Pengguna akan lebih fokus pada bagian tengah halaman yang berisi produk-produk yang dijual di situs ini. Jadi, apabila bagian kiri ini dihilangkan maka pemilik web dapat memperluas bagian tengah halaman sehingga pengguna dapat lebih nyaman ketika melihat-lihat produk yang dijual di situs ini. Bagian tampilan informasi garansi juga jangan ditampilkan di semua halaman, cukup di halaman utama saja.  

Gambar 3. Tampilan informasi garansi yang perlu dihilangkan
 
 
Penilaian skala dapat digunakan untuk menilai tingkat keparahan masalah kegunaan berdasarkan severity ratings for usability problems (Nielsen, 1995) :
3 = Major usability problem; important to fix, so should be given high priority.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar