Menurut
Nielsen (1995), yang dimaksud visibility
of system status itu pakem yang menjelaskan ketika pengguna berinteraksi
dengan suatu situs web, mereka membutuhkan informasi secara visual yang
menunjukkan apakah langkah yang mereka lakukan adalah benar atau salah. Visibiliy of system status ini merupakan
bagian yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai pengguna merasa frustasi
karena ketika mengklik suatu tombol, mereka tidak mendapatkan respon atau umpan
balik dengan cepat.
“Visibility of system status.
The system should always keep users informed about what is going on, through
appropriate feedback within reasonable time (Nielsen, 1995)”.
Pada
kesempatan ini saya akan membahas mengenai visibility
of system status pada situs web tokopastri.com.
Navigasi Menu
Navigasi
menu pada situs ini kurang sesuai standar navigasi menu yang baik. Apabila kita
menunjuk suatu menu dengan kursor maka menu tersebut akan dibedakan warnanya
sehingga pengguna tahu bagian menu apa yang sedang mereka pilih. Akan tetapi, permasalahannya
adalah ketika pengguna sudah mengklik menu dan telah masuk bagian halaman menu
itu, maka warna pada bagian top menu hilang.
Lalu bagaimana pengguna mengetahui dia sedang
melihat di halaman menu yang mana? Bagaimana kalau pengguna lupa dia sedang
mengunjungi halaman tentang apa? Apakah pengguna harus mengingat-ingat dia
telah mengklik bagian menu apa? Karena biasanya suatu pengguna yang sedang
mengunjungi suatu situs web penjualan, apalagi pengunjung baru, akan menjelajah
seluruh menu yang ada di situs tanpa mengingat dia sedang mengklik menu yang
mana. Memang pada bagian menu title ditampilkan pada halaman mana pengguna
berada. Namun, mental model pengguna tidak terbiasa untuk melihat menu title.
Mental model suatu pengguna web terbiasa untuk melihat bagian top menu terlebih
dahulu untuk mengetahui pada halaman menu yang mana dia sedang berada. Apabila
di bagian top menu tidak ada petunjuk apapun, baru pengguna akan melihat bagian
menu title.
Gambar
1. Navigasi pada top menu website toko pastri
Gambar 2. Navigasi menu ketika user sedang
memasuki salah satu halaman
Alangkah
lebih baik apabila pemilik web mengatur ulang navigasi menu yang ada di situs
ini. Apabila pengguna telah memasuki halaman menu tertentu, sebaiknya pada
bagian top menu, menu yang telah dipilih pengguna tersebut dibedakan warnanya
dengan menu lain sehingga pengguna dapat mengetahui di bagian halaman menu mana
pengguna sedang berada.
Penilaian skala
dapat digunakan untuk menilai tingkat keparahan masalah kegunaan berdasarkan severity ratings for usability problems
(Nielsen, 1995) :
2 = Minor
usability problem; fixing this should be given low priority.
Status Belanja
Status belanja pada situs tokopastri.com ini
sudah sangat baik. Pada bagian keranjang belanja, ketika pengguna mengarahkan
kursor ke bagian ini maka akan muncul tampilan daftar belanja apa saja yang
sudah kita beli. Pada bagian keranjang belanja ini pun sudah tertera daftar
harga sehingga pengguna sudah dapat mengetahui jumlah harga barang belanjaan
pengguna tanpa harus mengklik menu keranjang belanja pada bagian top menu.
Gambar
3. Status belanja
Penilaian skala
dapat digunakan untuk menilai tingkat keparahan masalah kegunaan berdasarkan severity ratings for usability problems
(Nielsen, 1995) :
0 = I don’t agree
that this is a usability problem et all.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar