Senin, 09 Juni 2014

Visibility of System Status – tokopastri.com




Menurut Nielsen (1995), yang dimaksud visibility of system status itu pakem yang menjelaskan ketika pengguna berinteraksi dengan suatu situs web, mereka membutuhkan informasi secara visual yang menunjukkan apakah langkah yang mereka lakukan adalah benar atau salah. Visibiliy of system status ini merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai pengguna merasa frustasi karena ketika mengklik suatu tombol, mereka tidak mendapatkan respon atau umpan balik dengan cepat.

“Visibility of system status. The system should always keep users informed about what is going on, through appropriate feedback within reasonable time (Nielsen, 1995)”.

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai visibility of system status pada situs web tokopastri.com.

Navigasi Menu
Navigasi menu pada situs ini kurang sesuai standar navigasi menu yang baik. Apabila kita menunjuk suatu menu dengan kursor maka menu tersebut akan dibedakan warnanya sehingga pengguna tahu bagian menu apa yang sedang mereka pilih. Akan tetapi, permasalahannya adalah ketika pengguna sudah mengklik menu dan telah masuk bagian halaman menu itu, maka warna pada bagian top menu hilang.

Lalu bagaimana pengguna mengetahui dia sedang melihat di halaman menu yang mana? Bagaimana kalau pengguna lupa dia sedang mengunjungi halaman tentang apa? Apakah pengguna harus mengingat-ingat dia telah mengklik bagian menu apa? Karena biasanya suatu pengguna yang sedang mengunjungi suatu situs web penjualan, apalagi pengunjung baru, akan menjelajah seluruh menu yang ada di situs tanpa mengingat dia sedang mengklik menu yang mana. Memang pada bagian menu title ditampilkan pada halaman mana pengguna berada. Namun, mental model pengguna tidak terbiasa untuk melihat menu title. Mental model suatu pengguna web terbiasa untuk melihat bagian top menu terlebih dahulu untuk mengetahui pada halaman menu yang mana dia sedang berada. Apabila di bagian top menu tidak ada petunjuk apapun, baru pengguna akan melihat bagian menu title.



Gambar 1. Navigasi pada top menu website toko pastri

Gambar 2. Navigasi menu ketika user sedang memasuki salah satu halaman 


Alangkah lebih baik apabila pemilik web mengatur ulang navigasi menu yang ada di situs ini. Apabila pengguna telah memasuki halaman menu tertentu, sebaiknya pada bagian top menu, menu yang telah dipilih pengguna tersebut dibedakan warnanya dengan menu lain sehingga pengguna dapat mengetahui di bagian halaman menu mana pengguna sedang berada.

Penilaian skala dapat digunakan untuk menilai tingkat keparahan masalah kegunaan berdasarkan severity ratings for usability problems (Nielsen, 1995) :
2 = Minor usability problem; fixing this should be given low priority.




Status Belanja 
        Status belanja pada situs tokopastri.com ini sudah sangat baik. Pada bagian keranjang belanja, ketika pengguna mengarahkan kursor ke bagian ini maka akan muncul tampilan daftar belanja apa saja yang sudah kita beli. Pada bagian keranjang belanja ini pun sudah tertera daftar harga sehingga pengguna sudah dapat mengetahui jumlah harga barang belanjaan pengguna tanpa harus mengklik menu keranjang belanja pada bagian top menu. 

Gambar 3. Status belanja

Penilaian skala dapat digunakan untuk menilai tingkat keparahan masalah kegunaan berdasarkan severity ratings for usability problems (Nielsen, 1995) :
0 = I don’t agree that this is a usability problem et all.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar