Kamis, 05 Juni 2014

Korea Selatan atau Jepang??

       Korea Selatan dan Jepang. Mendengar kedua negara tersebut, yang terlintas di pikiran adalah kedua negara yang sama-sama sedang go internasional dalam bidang fashion, grup band, musik, film drama, dan lain-lain. Kedua negara ini memang sedang mencuri hati banyak kaum remaja di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bila ditanya, siapakah dari kedua negara tersebut yang lebih unggul?? Tentu setiap orang punya jawaban yang berbeda, tergantung kepribadian orang tersebut lebih menyukai negara Jepang atau Korea Selatan. Bahkan tidak jarang karena pertanyaan ini, banyak remaja-remaja di Indonesia yang terlibat perselisihan pendapat untuk mendukung negara kesukaan mereka masing-masing. Orang yang menyukai negara Korea Selatan, tentu akan menjawab, "Yaa pastinya Korea lah yang lebih unggul. Udah aktor dan aktrinya cakep-cakep, film menyentuh hati semua, terus boy band dan girl bandnya mendunia lagi". Jawaban yang berbeda pun akan muncul apabila pertanyaan ini ditanyakan ke orang-orang yang menyukai Jepang, mereka pasti akan menjawab, "Yaa Jepang kemana-mana lah. Orang-orang Jepang kan kreatif. Buktinya mereka ampe bisa nyiptain tren fashion harajuku yang mendunia."
       Hal ini wajar terjadi karena apabila dari segi fashion, grup band, musik, dan film kedua negara ini memiliki keunggulan masing-masing. Tetapi apabila dilihat dari kekuatan militernya, Korea Selatan lebih unggul satu langkah dibandingkan Jepang. Menurut situs www.Globalfirepower.com pada tahun 2014, Korea Selatan menempati peringkat ke-19 dari 106 negara sedangkan Jepang menempati peringkat ke-10 dari 106 negara.


       Berdasarkan inforgraphics di atas dapat dilihat bahwa total populasi penduduk Jepang mencapai 127.253.075 jiwa sedangkan populasi penduduk Korea Selatan hanya 48.955.203 jiwa. Jumlah tenaga kerja yang tersedia di negara Jepang juga lebih banyak dibandingkan negara Korea Selatan. Jumlah tenaga kerja yang tersedia di negara Jepang mencapai 53.608.446 sedangkan jumlah tenaga kerja yang tersedia di Korea Selatan hanya 25.609.290. Meskipun jumlah populasi dan tenaga kerja yang tersedia di negara Jepang lebih unggul, tetapi dalam hal kemiliteran justru negara Korea Selatan-lah yang lebih unggul. Jumlah personil militer Korea Selatan jauh lebih banyak bahkan hampir 3x lipatnya dibandingkan jumlah personil militer Jepang. Korea Selatan memiliki personil militer aktif yang berjumlah sekitar 640.000 personil sedangkan negara Jepang hanya memiliki sekitar 247.746 personil. Untuk kepemilikan tank, Korea Selatan juga unggul. Tank yang dimiliki Korea Selatan mencapai 2.346 unit sedangkan Jepang hanya memiliki 767 unit. Jadi, dapat kita simpulkan meskipun kedua negara memiliki keunggulan masing-masing dalam bidang fashion, musik, dan filmnya tetapi dalam bidang kekuatan militer pada tahun 2014, Korea Selatan lebih unggul dibandingkan negara Jepang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar