Senin, 09 Juni 2014

Error Prevention – tokopastri.com


Error prevention. Even better than good error messages is a careful design which prevents a problem from occurring in the first place. Either eliminate error-prone conditions or check for them and present users with a confirmation option before they commit to the action (Nielsen, 1995).


Menurut Nielsen (1995), pakem error prevention ini menjelaskan bahwa suatu sistem harus bisa menangani kondisi error sebelum pengguna melakukan kesalahan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pakem error prevention situs ukm tokopastri.com.


Pada form pemesanan produk dan form konfirmasi pembayaran terdapat field yang diberi tanda bintang yang memiliki makna bahwa bagian ini penting untuk diisi. Akan tetapi, ketika saya mencoba untuk tidak mengisi beberapa field bertanda bintang ini, tidak muncul pesan kesalahan sama sekali yang langsung ditampilkan sebelum saya melanjutkan pengisian di field lain. Pesan error baru muncul ketika saya sudah men-submit data. Alangkah lebih baik apabila pesan error ini langsung muncul ketika user tidak mengisi suatu field bertanda bintang sebelum user mulai mengisi field dibawahnya dan men-submit data.

Gambar 1. Munculnya pesan error ketika pengguna telah men-submit






Penilaian skala dapat digunakan untuk menilai tingkat keparahan masalah kegunaan berdasarkan severity ratings for usability problems (Nielsen, 1995) :
2 = Minor usability problem; fixing this should be given low priority.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar