Senin, 09 Juni 2014

Help User Recognize, Diagnose, and Recover from Errors – tokopastri.com



Sebelum kita mulai membahas pakem ini, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan help user recognize, diagnose, and recover from errors. Menurut Nielson, pakem ini menjelaskan bahwa sistem harus dapat membatu pengguna untuk mengenali, mendiagnosa, dan membantu memperbaiki masalah yang pengguna hadapi dengan memunculkan pesan kesalahan yang disajikan dengan bahasa yang sederhana serta menyarankan suatu solusi.

Help users recognize, diagnose, and recover from errors Error messages should be expressed in plain language (no codes), precisely indicate the problem, and constructively suggest a solution (Nielson, 1995)


Pada kesempatan ini,  saya akan membahas pakem help user recognize, diagnose, and recover from errors pada situs tokopastri.com.

 

Pesan Error pada Menu Konfirmasi
Suatu website yang baik akan memberikan notifikasi error apabila pengguna melakukan kesalahan. Pada situs ini, saya mencoba melakukan kesalahan pada menu konfirmasi dengan tidak mengisi salah satu field Nama Anda yang wajib diisi. Apabila kita mengklik tombol Kirim Konfirmasi Pembayaran maka sistem akan mengeluarkan pesan error yang menginformasikan kesalahan yang pengguna lakukan dan memberikan solusi yang tepat bagi pengguna.



Gambar 1. Pesan error pada form konfirmasi




Penilaian skala dapat digunakan untuk menilai tingkat keparahan masalah kegunaan berdasarkan severity ratings for usability problems (Nielsen, 1995) :
0 = I don’t agree that this is a usability problem et all.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar