Sebelum
kita mulai membahas pakem ini, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu
apa yang dimaksud dengan help user
recognize, diagnose, and recover from errors. Menurut Nielson, pakem ini
menjelaskan bahwa sistem harus dapat membatu pengguna untuk mengenali,
mendiagnosa, dan membantu memperbaiki masalah yang pengguna hadapi dengan
memunculkan pesan kesalahan yang disajikan dengan bahasa yang sederhana serta
menyarankan suatu solusi.
Help users recognize, diagnose, and recover from errors Error messages should be expressed in plain language (no codes), precisely indicate the problem, and constructively suggest a solution (Nielson, 1995)
Pada
kesempatan ini, saya akan membahas pakem
help user recognize, diagnose, and
recover from errors pada situs tokopastri.com.
Pesan Error pada Menu Konfirmasi
Suatu
website yang baik akan memberikan notifikasi error apabila pengguna melakukan
kesalahan. Pada situs ini, saya mencoba melakukan kesalahan pada menu
konfirmasi dengan tidak mengisi salah satu field Nama Anda yang wajib diisi.
Apabila kita mengklik tombol Kirim Konfirmasi Pembayaran maka sistem akan
mengeluarkan pesan error yang menginformasikan kesalahan yang pengguna lakukan
dan memberikan solusi yang tepat bagi pengguna.
Gambar
1. Pesan error pada form konfirmasi
Penilaian skala
dapat digunakan untuk menilai tingkat keparahan masalah kegunaan berdasarkan severity ratings for usability problems
(Nielsen, 1995) :
0 = I don’t agree
that this is a usability problem et all.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar